0

While You Were Sleeping Zzzzz….


Makan sehat? Check
Olahraga cukup? Check
Apalagi ya kunci dari hidup sehat?
The answer is : SLEEPING WELL

FACT :
Menurut American Journal of Epidemiology, cewek yang tidurnya hanya lima jam atau kurang, akan gain weight 3,3 kg di 16 tahun kedepan daripada mereka yang tidur tujuh jam, loh!!
Untuk hidup sehat, kita harus melewati lima tahap tidur selama empa atau lima kali setiap malamnya. Empat tahap pertama untuk maintain metabolism yang sehat dan memory pembelajaraan, yang kelima yaitu REM atau Rapid Eye Movement adalah untuk meregulasi mood dan memori emosional. Bila kehilangan beberapa tahap, system imun kita, kesehatan jantung, fungsi otak bias terganggu. Tidur tujuh sampai delapan jam sangat ideal, so that your body bias refreshed dan sehat.

DID YOU KNOW??
Pada saat kamu tidur, di sinilah REM biasanya terjadi. Sebanyak 20% - 25% tidur kita adalah tidur REM.

WHAT HAPPENS IF….
·         If you sleep more than 8 hours
Too much of a good thing. Bila kamu keseringan tidur lebih dari delapan jam, bias mengacaukan kadar gula dalam tubuh. Bisa beresiko diabetes tipe 2. Dan menurut riset yang dilakukan University of California, kamu bukannya jadi segar tapi justru akan jadi lebih cape pas bangun. Dan itu bisa membuatmu lebih gampang terkena penyakit.
·         If you sleep less than 7 hours
Kamu akan gampang terkena flu bila tidur kurang dari tujuh jam. Karena pada tidur itu saatnya tubuh melawan infeksi. Kamu jadi bias jadi overweight loh bila kekurangan tidur. Karena pada saat itulah otomatis tubuh memproduksi lebih banyak hormone ghrelin yang bertanggung jawab menambah nafsu makan.
·         If you sleep less than 6 hours
Kalau sekali-sekali sih it’s okay. Tapi kalo keterusan kamu bias jadi sering lupa!!! Bergerak dan berpikir pun bias menjadi lelet bila kurang tidur.
·         If you sleep less than 5 hours
If you make this a habit, kamu ada resiko terserang diabetes tipe 2. Dan kamu juga bias terkena tekanan darah tinggi.



SLEEP DISEASES
Apakah kamu membutuhkan waktu 30 menit atau lebih untuk tidur dimalam hari? Atau kamu suka terbangun beberapa kali dalam semalam? Dan apakah ini terjadi tiga hari dalam seminggu dalam sebulan? Jangan dicuekin ya.. ada baiknya kamu baca list penyakit yang menyebabkan susah tidur dibawah ini :
·         Restless Leg Syndrome

Rasanya seperti ada yang merayap di kakimu. Rasanya aneh dan kamu pengennya menggerakkan kaki terus biar yang merayap itu berhenti. Rasa itu menghilang sebentar tapi suka kembali lagi. Kamu jadi ngga bias tidur karena merasa terganggu. Ini karena ada gangguan di system neuro kamu.
How to cure :
Menurut dokter, sindrom ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Jadi asupan zat besimu harus ditambah. Mandi air hangat di malam hari dan olahraga teratur bisa mengurangi sindrom ini. Tapi dalam kasus yang parah, kamu harus mengunjungi dokter dan minta obat yang sesuai.

·         Sleep Apnea

Gejala penyakit ini adalah mengorok saat tidur. Mengorok bisa jadi karena ada gangguan pada system pernapasan. Ini terjadi karena ada soft tissue di bagian kerongkongan yang melemas. Menyebabkan tertutupnya jalan udara. Bila oksigen didarah rendah, tubuh akan ototmatis membuatmu mengorok untuk melancarkan napas.
How to cure :
Memang mengorok ngga melulu disebabkan hal yang diatas. Tapi bila kondisinya sudah parah dn kamu takut terkena sleep apnea, ada baiknya kamu cek ke dokter. Karena kurangnya oksigen bisa mengakibatkan stroke atau penyakit jantung. Posisi tidur berbaring di satu sisi dan sama sekali tidak minum alcohol bisa mengurangi apnea ringan. Bila apnea sudah parah, berarti oksigen harus di supply dari masker khusus.

·         Narcolepsy

Penderita narcolepsy mendadak tidur dimana saja. Walaupun mereka tidak mengantuk dan sedang melakukan kegiatan yang aktif. Ini sangat berbahaya karena bisa jatuh dan tidak terkontrol. Mereka mengalami apa yang disebut Cataplexy yaitu kehilangan control otot yang menyebabkan leher melemah dan lutut lemas.
How to cure :
Penderita narcolepsy biasanya mempunyai hypocretin yang rendah. Hypocretin adalah neurochemical yang membuat otak kita terjaga. Treatment harus dari dokter, dan biasanya termasuk terapi tidur teratur dan obat-obatan.


 SLEEPING PILLS YES OR NO ?
Sangat tidak dianjurkan untuk membeli pil tidur yang dijual bebas. Bila ingin mengkonsumsi pil tidur harus sesuai dengan anjuran dokter. Pemakaiannya juga harus diawasi. Pil tidur biasanya mengandung banyak antihistamine yang bisa membuat lemas dan pikiran jadi lemot. Dan bila dikonsumsi sering, lama-lama efeknya akan berkurang sehingga dosis harus ditambah. Inilah yang menyebabkan kecanduan.

Quick Sleeping Do’s and Don’t’s
Do :
-         Berendam di bath tub hangat dengan bubbles setengah jam sebelum tidur. Pada saat kita tidur, temperature tubuh kita menurun. Jadi perasaan mendingin yang kamu rasakan setelah keluar dari bath tub hangat akan membuatmu mengantuk.
-         Olahraga setidaknya dua jam sebelum tidur. Bila olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur,badanmu akan terlalu panas hingga susah dingin.
-         Rapikan tempat tidurmu. Sperai dan bantal yang bersih, wangi dan rapi akan mengundangmu untuk tidur diatasnya. Ingin berlama-lama deh !!
-         Bakar aromatheraphy. Pilih wangi lavender. Terbukti membuat mood jadi relax dan tenang.
Don’t :
-         Matikan alat elektronik dikamarmu dua jam sebelum waktu tidurmu. Katanya nih, glow dari laptop dan TV akan melambatkan keluarnya hormone yang membuatmu mengantuk. Jadinya kamu ingin selalu terjaga.
-         Oversleep. Apakah kamu termasuk orang yang balas dendam tidur saat weekend? Ini ngga dianjurkan sekali. Karena oversleeping membuatmu capek dan ngga fresh. Bila ingin tidur lebih banyak, coba deh majukan jam tidurmu sejam atau dua jam lebih awal.
-         Minum minuman yang mengandung coca. Jadi kalo kata orang dulu, drinking hot chocolate bikin ngantuk itu salah. Karena coca itu mengandung caffeine yang justru membuat kita melek. Jadi mendingan minum susu putih hangat tanpa campuran apapun bila ingin cepat ngantuk.


0 comments:

Post a Comment

Back to Top